Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-3 Bulan

By | December 15, 2016

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-3 Bulan

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-3 Bulan, Anda baru saja melahirkan buah hati Anda? Wah, Selamat ya…

Sejak di dalam kandungan hingga anak kita lahir dan tumbuh menjadi dewasa, rasanya sepasang mata kita tidak pernah ingin lepas dari si buah hati. Pasalnya, sebagai orang tua kita selalu ingin tahu tumbuh kembang anak dari waktu ke waktu. Untuk mengetahui tahap pertumbuhan anak yang wajar, berikut ini adalah rangkumkan tahap pertumbuhan anak mulai 0 bulan hingga 3 tahun. Pada masa 3 tahun pertama inilah anak kita berkembang pesat, baik perkembangan fisik maupun psikisnya.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-3 Bulan, Sebagai Tolak Ukur Bagi Orang Tua

  • Bayi Usia 0 Bulan

Bayi yang baru lahir cuma bisa menangis karena ini merupakan respon dan bahasa alami yang bisa dia lakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Saat ini bayi Anda masih tampak keriput dan jelek. Pada wajah, mata serta bibirnya kemungkinan agak bengkak terutama pada kelahiran normal, hal ini wajar karena dia baru saja melewati proses persalinan melalui jalan yang sempit. Hal ini tentunya agak berbeda dengan bayi yang dilahirkan secara cesar. Untuk keriput kulit ini terjadi karena dia lama berendam di dalam air ketuban dan daging serta lemak di bawah lapisan kulitnya masih belum terisi.

Untuk kemampuan refleks yang bisa dia lakukan untuk saat ini adalah mengisap, menggenggam, dan mencari puting. Ini merupakan refleks ‘primitif’ yang dimiliki oleh setiap bayi untuk kemampuan mempertahankan hidup. Makanya biasanya setelah bayi lahir, dia biasanya di posisikan tengkurap di atas dada Ibu untuk berusaha mencari puting dan menghisap ASI sebagai nutrisi awal mereka.

  • Bayi Usia 1 Bulan

Pada usia ini biasanya bayi lebih banyak tidur. Masa ini bayi masih belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga dia bisa saja tidur seharian di siang hari sedangkan di malam hari dia akan sering terbangun. Pigmen mata mereka masih belum berkembang secara sempurna. Sehingga warna mereka akan berubah pada mingu-minggu mendatang. Bayi akan menangis sebagai ungkapan rasa lapar mereka. Dia pun punya refleks menggenggam jemari Ibu.

  • Bayi Usia 2 Bulan

Penglihatan si kecil sudah mulai berkembang dan bisa melihat lebih jauh saat ini. Dia mulai mencoba meraih benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu biasanya kita memberi mainan stimulasi berupa mainan yang digantungkan di atas box bayi mereka untuk mereka coba raih. Dan mereka juga mulai suka menghisap jempol dan bermain mengenal tangannya sendiri. Dia juga suka memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya sebagai tahap pengenalan.

  • Bayi Usia 3 Bulan

Pada usia ini, si kecil sudah bisa menengarai suara Ibunya. Dia juga sudah bisa mulai menggenggam mainan. Pada usia ini pula bayi sudah lebih kuat menyangga kepalanya dan berusaha untuk berguling ke kanan dan ke kiri. emmm lucunya….

Di atas adalah penjelasan dari pertumbuhan anak secara umum. Namun jika keterlambatan perkembangan yang terjadi terlihat sangat signifikan, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis anak yang Anda percaya.

posted by : qnc jelly gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *